SOAL
1. Jelaskan peranan jaringan komputer yang berkaitan
dengan bagian telekomunikasi pada layanan telematika!
2. Sebutkan dan jelaskan aplikasi apa saja yang
bermunculan dengan semakin luasnya jangkauan telekomunikasi dan semakin
banyaknya perangkat telekomunikasi!
3. Berikan contoh proses yang berkaitan dengan
arsitektur client-server dan arsitektur peer-to-peer pada layanan
telematika!
Jawaban
1.
Jaringan
Komputer ialah sekumpulan komputer beserta perangkat-perangkat lain sebagai
pendukung komputer yang saling terhubung satu sama lain dalam satu kesatuan.
Media jaringan komputer bisa tanpa kabel dan bisa melalui kabel, hal ini
memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi.
Peranan jaringan komputer yang berkaitan
dengan bagian telekomunikasi ialah
·
Jaringan
komputer memberikan informasi yang cukup terupdate dengan adanya jaringan
komputer penyebaran informasi semakin meluas mulai dari ruangan saja sampai
seluruh dunia
·
Jaringan
komputer memberikan akses kepada pengguna untuk mempermudah pembayaran bulanan
misal Pembayaran tagihan listrik , air dan telepon dengan menggunakan mesin atm
·
Jaringan
komputer memberika e-learning atau elektronik learning ( Pembelajaran melalui
Elektronik ) dimana murid sekolah sekarang bisa mengakses apa saja yang ia
pelajari disekolah melalui internet jika tidak mengetahui jawaban yang ada
dibuku maka bisa dicari melalui internet
2.
Menurut saya
pada zaman yang sudah canggih ini banyak aplikasi yang banyak membantu manusia
saat ini seperti aplikasi penyimpanan dengan cara menyimpannya pada intenet
seperti Google drive dan pada aplikasi pembelajaan ada aplikasi untuk android
dimana pembelanjaan bisa memesan di smartphone ataupun di PC ( Personal
Computer ) dan menurut saya aplikasi yang sangat banyak digunakan oleh manusia
adalah aplikasi pesan / messenger dimana banyak orang menggunakannya untuk
menanyakan kabar ataupun mengirimkan file aplikasinya seperti Line, Whatsapp dan BBM
3.
Contoh dari Clien Server ialah pada saat di warung
internet ( WARNET ) , beberaa warnet sudah menggunakan smartbilling dimana sang
admin yang betugas untuk membukakan komputer sewaan dan memberikan beberapa
waktunya. Komputer server dipegang oleh
admin / penjaga dan clientnya adalah komputer yang akan disewakan , prosesnya
pada saat ada seseorang ingin meminjam atau menyewa komputer tersebut maka
harus melalui admin terlebih dahulu untuk membayar sewaannya dan jika si
peminjam melakukan hal aneh maka si admin bisa saja langsung stop waktu
penyewaan atau mematikan koneksinya dari siserver
Contoh dari peer to peer ialah penukaran informasi tanpa menggunakan internet
disuatu ruangan, biasanya sih kalau diwarnet dan mendadak koneksi mati karena
suatu hal maka jalan keluar ya main game yang tidak menggunakan internet semisal
CounterStrike permainan ini tanpa internet tapi bisa menghubungkan beberapa
pemain tanpa menggunakan internet atau bisa memindahkan data dari komputer 1
dengan komputer 1 lainnya tanpa harus menggunakan alat penyimpanan seperti
Flashdisk atau Harddisk .
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar